Awalnya Harus Daftar, Kini Kajian Tadabbur Rumta Dibuka bagi Umum

Penulis: Suherni Sulaeman | Editor: Firtra Ratory -  Berinteraksi bersama Al-Qur’an merupakan sebuah kenikmatan. Bagaimana tidak, Allah menurunkan Al-Qur’an ke qalbu Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam melalui perantara malaikat Jibril dengan penuh barakah.

Adalah tadabbur, salah satu cara supaya kita bisa berinteraksi bersama Al-Qur’an. Dengan demikian, kita akan memperdalam kandungannya, menghayatinya, mengambil hikmah serta pelajaran, lalu mengamalkannya dalam keseharian.

Maka dari itu, masih bersama Founder Yayasan Rumah Tajwid, Ustadz Hartanto Saryono Lc., Al-Hafizh, Rumah Tajwid secara rutin mengadakan kajian Tadabbur Al-Qur’an.

Sebelumnya, kajian Tadabbur Al-Qur’an tersebut hanya untuk peserta yang terdaftar. Akan tetapi, mulai hari Kamis mendatang, tanggal 18 Februari 2021, pukul 16.00 WIB atau 10.00 CET, kajian dibuka untuk umum dan disiarkan langsung dari channel YouTube 'Rumah Tajwid TV'.

Namun, seperti dinukil dari salah satu kajian yang diisi oleh Ustadz Hartanto Saryono, Lc., Al-Hafizh beberapa waktu lalu, dalam proses mentadabburi ayat-ayat Al-Qur’an ini, perlu adanya tahapan dan tidak bisa sekaligus dilakukan. Hal ini supaya meneguhkan perjalanan kita menuju akhirat.

Seperti yang telah dicontohkan oleh generasi awal ummat ini, sebagaimana disampaikan oleh guru kita semua dalam bidang ilmu Al-Qur’an, yakni Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu 'anhu.

Beliau mengatakan, "Dahulu kami tidak melampaui 10 ayat hingga kami mempelajarinya secara sungguh-sungguh dan mengamalkannya. Dan, kami juga mengajarkannya. Kami juga mengetahui mana yang halal dan mana yang haram dari ayat-ayat yang Allah Subhanahu wa Ta’ala turunkan tersebut. Maka, kami dikaruniai ilmu dan mengamalkannya".

Sungguh, amat mulia sekali para salafush-shalih. Jadi, jangan lewatkan kajian Tadabbur Al-Qur’an kali ini ya!

Share:
Comments